Kota Magelang Dinobatkan “Daerah Cerdas IPTEK”

Kota Magelang meraih Anugerah Riset dan Teknologi sebagai “Daerah Cerdas Iptek” pada peringatan Hari Teknologi Nasional XV. Penyerahan dilakukan Wapres Boediono kepada Wali Kota H Fahriyanto, Selasa (10/8) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Kepala Kantor Penelitian, Pengembangan dan Statistik Kota Magelang, Drs Arif Barata Sakti MT menerangkan, kali kedua kota ini meraih penghargaan tersebut. Sebelumnya, tahun 2009 prestasi serupa juga berhasil diraih.

Didampingi Kabag Humas, Protokol dan Santel, Drs Bambang Rijantoko, dia menerangkan, latar belakang menerima anugerah tersebut karena Kota Magelang merupakan daerah yang mempunyai komponen sistem inovasi paling lengkap. “Kota ini menerapkan komponen iptek dalam sistem daerahnya,” ujarnya.

Alasan mengembangkan iptek, lanjut Arif, karena Pemkot Magelang menyadari keterbatasan sumber daya alam, sehingga berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia dan pengembangan iptek.

Hasil kreativitas dan inovasi masyarakat (krenova) yang dijaring Kantor Litbang dan Statistik, ditindaklanjuti dengan diikutkan dalam pameran teknologi tepat guna tingkat nasional. Disamping itu juga dikembangkan oleh perguruan tinggi maupun dunia usaha.

Arif menjelaskan, hasil-hasil penelitian instansinya yang ditindaklanjuti Pemkot Magelang antara lain, pembangunan Stadion Madya dan kolam renang berskala nasional di kawasan GOR Samapta. Berikutnya, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan di kawasan Sidotopo, pengelolaan kawasan Gunung Tidar, dan pembangunan instalasi air minum PDAM dari mata air Tuk Pecah.

Sedang hasil krenova masyarakat yang difasilitasi Pemkot Magelang selama 6 kali berturut-turut dari tahun 2005-2010 berhasil masuk 10 besar tingkat Jateng.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: