Beberapa Tema Riset Unggulan Kota Magelang

MAGELANG ~ Kantor Penelitian Pengembangan dan Statistik (Litbang dan Statistik) Kota Magelang akan menggiatkan Riset Unggulan Daerah (RUD) demi mendorong pengembangan Kota Magelang. Diharapkan Magelang akan tumbuh menjadi kota yang modern dan mandiri.

Untuk itu, para peneliti yang berminat mendapatkan beasiswa diminta mengajukan proposal penelitian ke Litbang dan Statistik di Jalan Jendral Sudirman no 46 Magelang. Proposal penelitian yang lolos seleksi akan diberikan bantuan riset sebesar Rp 15 juta dari APBD Kota Magelang.

Menurut Kasi Fispra Litbang dan Statistik Didin Saepudin SPd MT bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki tradisi penelitian yang kuat. Karena itu, jika Kota Magelang ingin berkembang maka harus menguatkan budaya penelitian. Apalagi wilayah Kota Magelang relatif sempit sehingga sulit mengembangkan wilayah.

Didin Saepudin menegaskan bahwa masyarakat harus diajak berpartisipasi memikirkan cara mengembangkan kota.

“Kami ingin mendorong masyarakat untuk urun rembug dan mencari solusi atas masalah-masalah yang ada,” kata Didin ditemui di kantornya.

Dijelaskan Didin bahwa untuk memfokuskan bidang kajian maka pihaknya sudah menetapkan 11 tema prioritas yaitu percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin, dan peningkatan kualitas SDM. Kemudian pemantapan reformasi birokrasi dan hukum serta pemantapan demokrasi dan stabilitas keamanan.

Selanjutnya, penguatan ekonomi domestik dan berdaya saing, peningkatan pengelolaan SDA dan lingkungan hidup, pemberdayaan sosial dan ekonomi rakyat, penguatan wajib belajar sembilan tahun, peningkatan pendidikan menengah dan tinggi, dan peningkatan perlindungan resiko finansial terhadap gangguan kesehatan penduduk miskin.

“Kami menilai perlu juga ada peneliti yang mendalami masalah pelayanan kesehatan preventif dan promotif serta revitalisasi program KB,” kata dia.

Didin berharap kalangan akademisi, peneliti, LSM, dan mahasiswa untuk turut serta berpartisipasi dalam mengembangkan Riset Unggulan Daerah (RUD). Pasalnya, hasil penelitian tersebut akan sangat berguna bagi pengembangan Kota Magelang ke depan. Ia menjamin proses seleksi proposal agar berlangsung adil dan transparan. Pasalnya, pihaknya melibatkan Dewan Riset Daerah (DRD) Jawa Tengah serta perguruan tinggi ternama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: